Cara Iklan Facebook dan Instagram dari pengalaman beriklan lebih dari 10 milyar

Jika Anda membaca artikel ini dari artikel lainnya yang membahas Facebook atau Instagram Ads. Maka selamat datang.

Tutorial ini bisa digunakkan untuk Anda yang mau beriklan di Facebook atau Instagram. Platformnya sama yaitu lewat Facebook Ads Manager. Karena Instagram sudah milik Facebook (Just in case Anda belum tau)

Disini kita akan beriklan menggunakkan Facebook Ads Manager yang hanya bisa di jalankan jika Anda menggunakan komputer atau laptop. Jika Anda tidak punya komputer atau laptop maka Anda bisa ke warnet,

Jika hanya punya HP maka Anda bisa pelajari cara beriklan menggunakkan HP yang sudah saya jelaskan di bab sebelumnya.

Tentunya beriklan menggunakan komputer atau laptop dengan business manager jauh lebih lengkap fiturnya dan canggih. Secara hasil jauh lebih menguntungkan yang ini. Yu kita mulai.

Daftar Isi :

  1. Buat Business Manager
  2. Buat Facebook Fanspage
  3. Buat Akun Iklan
  4. Integrasi akun Instagram Anda dengan Business Manager
  5. Mulai iklan Facebook Ads

1. BUAT BUSINESS MANAGER

Pertama yang perlu Anda siapkan adalah Business Manager. Kenapa Anda harus menggunakan Business Manager ?

Business Manager adalah sebuah media yang ciptakan oleh Facebook untuk mengelola banyak akun iklan, mengelola banyak fanspage, dan juga bisa bekerja sama dengan Business Manager lain seperti share Facebook Pixel, Share Custom Audience, Share Look a Like Audience, atau Share Fanspage.

Selain itu berbeda dengan berikan Facebook Personal, Sebuah akun bisnis bisa memiliki lebih dari 1 akun iklan (biasanya 5 akun) di Facebook. Sehingga ketika Akun iklan Anda di banned Facebook maka Anda masih punya cadangannya.

Biasanya 1 profil Facebook bisa punya maksimal 2 akun Business Manager.

Cara membuatnya mudah, langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka website business.facebook.com

  2. Buat akun baru dengan memberi nama bisnis Anda, misalnya Freddy Agency. Anda bisa menambahkan kata “Shop” atau “Store” di belakang nama bisnis Anda jika Facebook tidak mengijinkan penggunaan nama pilihan Anda. Modifikasi terus sampai Anda mendapatkan persetujuan nama bisnis dari Facebook, saya sarankan menggunakkan huruf besar untuk kata pertama agar lebih mudah di setujui Facebook
  3. Pilih “Continue” dan masukkan nama dan email Anda. Email ini tidak harus sama dengan email Facebook.
  4. Klik “Finish”. Dan Anda akan menemukan halaman awal seperti ini:

Di Facebook Business Manager ini memiliki banyak settingan. Kita akan bahas satu per satu settingan di artikel lain.

Tapi saya akan membahas Setting yang penting dulu untuk Anda bisa jalankan iklan pertama. Silahkan klik di bagian kiri dan pilih Business Settings.

2. BUAT FACEBOOK FANSPAGE

Fanpage adalah tempat untuk beriklan. Anda bisa membuat konten iklan di sini. Bagaimana caranya?

  1. Klik   ≡ Business Manager dan kemudian klik Business Settings.
  2. Klik Pages.
  3. Klik Add New Pages di bagian tengah halaman.

Jika Anda sudah punya fanpage sebelumnya, pilih Add a Page. Tapi Profil Anda akan tetap di Business. Kalau belum, pilih Create a New Page.

  1. Setelah itu ada beberapa pilihan kategori. Untuk yang paling sederhana, gunakan yang paling bawah yaitu Cause or Community karena settingnya paling mudah.

  1. Berikan nama kepada Page Anda.
  2. Pilih Add People untuk menambah orang yang bisa mengakses halaman ini. Tapi pastikan orang tersebut sudah terdaftar di Business Manager. Ini akan dibahas pada artikel Business Setting
  3. Klik link di bawah nama Page dan di-bookmark biar lebih gampang untuk dicari nantinya.

3. BUAT AKUN IKLAN

Jika Anda sudah membuat Facebook Fanspage. Sekarang Anda akan belajar untuk membuat akun iklan di Facebook. Pertama-tama, klik  Business Manager dan kemudian klik Business Settings.

Di bagian Accounts, klik Ad Accounts kemudian Add New Ad Accounts. Ada drop down menu dengan tiga pilihan. Pilih yang paling bawah Create a New Ad Account.

Kemudian masukkan nama akun iklan. Nama akun nantinya bisa diubah jadi tidak perlu terlalu ribet mengisinya. Pilih time zone, Currency, dan Payment Methods yang tersedia. Jika Anda berjualan di Indonesia saya sarankan untuk memakai time zone Indonesia GMT +7 dan currency nya IDR (Indonesia Rupiah). Setelah selesai semua, klik tombol biru Create Ad Account.

Setelah itu Anda akan ditanya siapa yang boleh mengakses akun iklan ini. Pilih nama user yang tersedia dan berikan level akses yang diperbolehkan. Jika Anda sebagai admin maka saya sarankan untuk mengaktifkan semua seperti ini.

Setelah selesai, pilih Save Changes dan Close.

Iklan Anda nantinya bisa di akses di halaman utama business manager. Cara aksesnya klik Business manager di bagian Business Setting.

Untuk memudahkan Anda mengakses halaman ini, bookmark saja dengan cara menghighlight alamat webnya dan menariknya ke bawah sedikit (bookmark bar). Jadi Anda tidak perlu mengetiknya lagi. Mudah bukan?

4. INTEGRASI AKUN INSTAGRAM ANDA DENGAN BUSINESS MANAGER

Jika Anda ingin beriklan di Instagram lewat sini maka Anda harus mengintegari Instagram Anda, caranya sangat mudah.

Anda pilih bagian Instagram Accounts, dan masukkan username dan password akun Instagram Anda.

5. MULAI IKLAN FACEBOOK ADS

Sekarang Anda sudah siap untuk menjalankan iklan pertama Facebook Ads Anda.

  1. Masuk ke halaman Business Manager Anda (business.facebook.com).
  2. Klik Ad Accounts yang sudah Anda buat sebelumnya.

Beberapa orang langsung menuju halaman membuat iklan. Tapi beberapa menuju halaman seperti di bawah ini, Anda tinggal klik tombol hijau Create.

Setelah itu pilih Complate Campaigns karena disini seru nya Facebook Ads.

Jika Sudah maka Anda akan menuju halaman seperti ini.

Sederhananya adalah jika Anda tidak punya website maka gunakkan objective Engagement, Jika Anda punya website maka gunakkan objective Traffic.

Kita akan membahas semua fitur dari campaign ini di artikel lainnya. (Termasuk pembahasan Facebook Pixel,dll)

Setelah itu Pilih Set Up Add Account. Masukkan Account Country, Currency dam Time Zone yang Anda inginkan lalu klik Continue.

Jika sudah maka Anda akan di minta memasukkan targeting iklan.

Masukkan nama iklan Anda di Ad Set Name.

Ini biasanya dinamai sesuai dengan audience yang dituju dan targetnya. Di bagian kanan Anda bisa melihat Potential Reach atau potensi jumlah orang yang melihat iklan Anda. Sedangkan Reach yang berada di bawah Estimated Daily Results adalah jumlah orang yang melihat iklan Anda sesuai budget iklan. Jadi dari Potential Reach 210 juta orang, iklan Anda akan dilihat oleh 960-6.000 orang dari 150 juta pengguna aktif di Amerika Serikat, dengan kemungkinan disukai oleh 47-290 orang (Post Engangement).

  1. Untuk iklan Anda, coba masukkan :
    • Location: Indonesia (atau kota Anda)
    • Age (range umur): Saya sarankan mulai dari 21 th karena anak umur 21 tahun kebawah biasanya tidak punya rekening bank.
    • Gender (Jenis kelamin)
    • Languages (Bahasa): bisa dikosongkan saja.
    • Detailed Targeting: adalah salah satu fitur Facebook yang luar biasa. Angka yang disarankan adalah sekitar 500.000 – 1.000.000. Caranya bisa Anda pelajari di artikel selanjutnya.
    • Placements: klik Automatic Placements. Jika Anda masuk ke Edit Placements maka Anda bisa menempatkan iklan Anda di Facebook, Instagram, Audience Network (jaringan yang bekerja sama dengan Facebook, misalnya Kompas). Saya sarankan untuk membuat Ad Set yang berbeda jika Anda ingin beriklan juga di Instagram.
    • Untuk Budget & Schedule ada dua pilihan: Daily dan Lifetime Budget. Dengan Daily Budget Anda harus mematikan iklan secara manual, kecuali Anda memasukkan tanggal spesifik untuk penayangan iklan. Untuk Lifetime Budget total iklan yang Anda bayarkan adalah sejumlah yang Anda ketik di kolom jumlah.

Setelah selesai, klik Continue.

Di halaman selanjutnya Anda bisa Create New Ad atau Use Existing Post. Create New Ad tidak akan muncul di Fan Page Anda. Misalkan Anda ingin memberikan diskon 75% dan tidak ingin semua orang di Fan Page melihatnya. Jika Anda ingin followers Anda melihatnya maka gunakan Use Existing Post.

Anda harus kembali dulu ke Facebook Fan Page dan posting dulu konten iklannya (gambar, video, dll) kemudian pilih postingan tersebut di Business Manager dan klik Confirm. Iklan Anda akan di review oleh Facebook.

Jika sudah maka iklan Anda akan di review oleh Facebook. Kita akan rangkum sedikit struktur iklan Facebook ini agar memudahkan Anda kedepannya.

Intinya iklan Facebook di bagi menjadi 3 jenis.

  1. CAMPAIGN: memilih marketing objective atau tujuan iklan, seperti mendorong web traffic.
  2. AD SET: memilih targeting, budget, placement / di mana iklan Anda muncul. Anda bisa menetapkan budget dan jadwal tayang iklan
  3. ADS: memilih materi iklan, setiap Ad Set bisa memakai gambar, teks, call-to-action, link dan video yang berbeda.

1 Campaign bisa memiliki beberapa adset, 1 adset bisa memiliki beberapa ads. Anda bisa beriklan dengan target kota yang berbeda, gander yang berbeda dan lainnya agar hasil iklan Anda lebih optimal.

Cara melakukan split testing ini akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Sekian dulu tutorial kali ini. Sampai jumpa di tutorial berikutnya!